label

home>

christino00.blogspot.com!

Sabtu, 26 Mei 2012

Laptop hilang? Dilacak aja!




Sebagai pemilik laptop, apa yang akan anda lakukan seandainya suatu saat laptop anda hilang? Misalnya anda sedang shalat di mushalla dan lalai meletakkan tas laptop diluar penjagaan anda kemudian laptop tersebut hilang, atau ketika anda sedang berada di kendaraan (bis, kereta, pesawat, dll) dan ketika anda lengah sesaat tas laptop yang anda simpan di bagasi hilang seketika.

Kebanyakan pengguna akan langsung panik kemudian pasrah, karena kehilangan laptop berbeda dengan kehilangan kendaraan bermotor. Laptop tidak mempunyai identifikasi khusus dan tidak tercatat dalam database kepolisian, sehingga melacak laptop yang hilang akan sulit sekali (kecuali minta bantuan “orang pintar” bagi yang percaya  ).


Jangan kuatir! Saat ini ada beberapa software “pintar” yang bisa digunakan untuk “melacak” laptop jika laptop tersebut hilang dari tangan kita. Salah satunya adalah Prey. Prey dapat memberi informasi lokasi terakhir laptop kita setelah laptop tersebut dicuri. Sofware tersebut dapat diunduh dari websitenya yang beralamat di http://preyproject.com.


Cara kerjanya cukup mudah, pertama-tama kita harus menginstal Prey di laptop kita. Setelah proses instalasi selesai, kita akan diminta untuk membuat akun dengan menggunakan email dan password. Akun tersebut akan digunakan untuk mengakses Prey Control Panel yang terdapat di website preyproject. Bila suatu ketika laptop kita hilang dari pengawasan, kita cukup login ke Prey Control Panel, kemudian mengubah status device (laptop) menjadi “missing“, kemudian Prey yang terinstal di laptop akan menjalankan fungsinya. Ketika laptop tersebut terkoneksi dengan internet, Prey akan melaporkan lokasi terakhir laptop tersebut melalui Prey Control Panel. Tentu saja cara ini tidak efektif lagi bila laptop yang kecurian langsung diinstal ulang oleh pencurinya. Jadi setelah menginstal Prey, anda harus berdoa semoga sang pencuri tidak terlalu jago komputer dan tidak membaca tulisan ini lebih dulu daripada anda  .


Sebagai informasi, Prey mendukung beberapa OS. Selain windows yang paling populer digunakan oleh pengguna laptop, Prey juga dapat diinstal pada Linux, Ubuntu, dan MacOS. Prey bahkan juga tersedia untuk mobile OS paling populer saat ini yaitu Android. Jadi berbahagialah pengguna ponsel android yang bisa mengamankan ponselnya juga dengan software ini. 


Related content:


Link Unduh ISO Windows 7 Reguler dan Service Pack 1
Trik Menggunakan Firefox Versi 64-Bit pada Windows Vista dan 7 dengan Waterfox

2 komentar:

  1. maksih banyak bro sangat bermanfaat,,,smoga makin sukses

    BalasHapus
  2. Bro..gimana kalo laptop hilang, sedangkan software prey blm terinstall..mohon bantuannya,,

    BalasHapus